ASSALAMU`ALAIKUM DI BLOG KAMI "BOLO MANAKIB" GONDANG-NGANJUK SEMOGA DAPAT DIAMBIL HIKMAHNYA, BERMANFAAT DAN MEMBAWA BERKAH. AMIIN...

Senin, 02 April 2012


ASMAUL HAQ
APA ITU ASMAUL HAQ

Asmaul haq ialah suatu do’a amaliyah yang di ajarkan oleh Nabi Khidir a.s melalui proses ijazah (rekomendasi)

Nabi khidir a.s mengajari orang-orang yang sudah dipilih dengan ilmu kema’rifatannya,yaitu ilmu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara berdo’a.

Orang yang diajari Nabi Khidir apabila telah mengerti dan faham ilmu kema’rifatan (Asmaul haq),maka orang tersebut harus mensyiarkan agama Islam tidak boleh lepas dari ajaran-ajaran (yang telah disyariatkan oleh Nabi Muhammad SAW) Melalui metode-metode yang termasuk dalam kriteria sifat-sifat wajib para Rasul Alaah yaitu:

Shiddiq artinya benar ,yaitu segala tuntunannya maupun ajaran-nya pasti benarnya dan datang dari Allah SWT.
Amanah artinya dipercaya, yaitu dengan penuh kejujuran dan keikhlasan melaksanakan apa-apa yang diperintahkanoleh Allah SWT kepadanya.
Tabligh artinya menyampaikan segala perintah ataupun larangan Allah diteruskan kepada ummatnya denagn tidak dikurangi ataupun ditambah walupun bagimana beratnya.
Fathonahartinya cerdas cermat, yaitu cerdas cermat menerima segala yang diwahyukan Allah.
Jadi 4 kriteria atau sifat-sifat tadi hendaknya difahami oleh pengamal Asmaul Haq, biar tidak salah arah atau salah tujuan .

Dalam memahami Asmaul Haq hendaknya lebih rinci atau teratur, contohnya saja dalam mengamalkan Asmaul Haq, Asmaul Haq diamalkan mengikuti sholat wajib, jadi dengan pemahaman sholat itu lambang syariat yang diajarkan Allah melalui Rasulullah,sedangkan Amaul Haq adalah do’a yang diamalkan setelah sholat, ini lambang dari hakekat untuk menuju kepada kemarifatan.

Maka untuk memahami ilmu Ma’rifah kita harus memahami ilmu Tauhid (Aqidah), Ilmu Syari’ah,ilmu hakikat, baru setelah itu kita akan paham yang namanya ilmu Ma’rifah.

Supaya kita bisa Ma’rifah kepada Allah,maka kita harus belajar Asmaul Haq dengan baik.

Karena tujuan Asmaul Haq itu ada 4 yaitu:

Tujunnya hanya kepada Allah (taqarrub/mendekatkan diri)
Memohon ridho Allah
Supaya dicintai Allah
Supaya bisa Ma’rifah kepada Allah (mengerti kebenaran Allah)

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Blogger templates

About