ASSALAMU`ALAIKUM DI BLOG KAMI "BOLO MANAKIB" GONDANG-NGANJUK SEMOGA DAPAT DIAMBIL HIKMAHNYA, BERMANFAAT DAN MEMBAWA BERKAH. AMIIN...

Selasa, 03 April 2012


BIOGRAFI WALIYULLOH SIMBAH SANUSI

“Bangsa yg besar adalah yg mengenal sejarah pejuangnya” kata bijak persiden RI pertama kali ini menyulut saya untuk menulis sejarah atau riwayat orang-orang yg berjasa di desa saya. Sebelum riwayat tentang mereka hilang, seiring hilangnya Shohibul Hikayat. Dan biografi yg akan saya tulis ini mengenai sejarah singkat waliyulloh Mbah Sanusi.

Pernah K. Muhammad bin KH Yasin meng-imlak-kan biografi Waliyulloh Simbah sanusi kemudian di catat oleh santri beliu, namun sayang manuskrip yg menyimpan tindak tanduk beliau yg mulia tsb hilang entah kemana. Hanya beberapa lembar saja yg masih tersisa, itupun menerangkan beberapa Keramatnya saja.

Beliau adalah KH. Sanusi yg dimakamkan diselatan Masjid Kauman Jekulo. Berasal dari desa Gili yg terletak disebelah barat distrik Tenggelas. Beliau dilahirkan dari pasangan Bapak Ya’qub dan Ibu Sarijah. Semasa hidupnya beliau lebih di kenal dengan sebutan H. Sanusi Ali, menurut keterangan lain nama Ali tsb bukan nama asli melainkan laqob atau nama panggilan yg berasal dari kata Sanusi Kulon Kali, kemudian anak-anak kecil sering menyebutnya dgn menyingkat Mbah Sanusi Kulon kali menjadi Mbah sanusi Ali. Karena memang beliau mempunyai dua rumah, yg satu di dukuh Kauman yg berada di timur sungai Logung dan yg satunya lagi berada di sebelah barat sungai Logung, tepatnya di utara pasar mbareng lama, dukuh Tambak jaya.

Seperti kebanyakan para wali lainnya, beliau memulainya dengan suluk dan riyadloh. Pada masa remaja, beliau melakukan riyadloh dengan bertapa selama 40 hari tanpa bekal di puncak Argo Jimbangan, salah satu puncak yg berada di gunung muria. Jika kita lihat dari bawah, Argo Jimbangan adalah Gugusan paling timur dari deretan gugusan gunung Muria. Di sanalah Mbah Sanusi melakukan riyadloh, untuk menemukan rasa ing jati, rasa ing rasa, iaitu makrifat kepada Allah dgn cara mengenali diri sendiri.

Selama Khalwat di puncak Argo Jimbangan, setiap lima waktu beliau selalu didatangi seekor Macan, tapi bukan hendak memangsa beliau, melainkan membawakan bumbung Bambu yg berisikan air untuk berwudlu. Pada hari terakhir beliau ditemui oleh Nabi Khidlir as. Oleh Nabi Khidlir, beliau diberi sebungkus nasi dan disuruh untuk menghabiskannya. Namun beliau hanya mampu memakannya separo saja. ketika disuruh lagi, beliau tetap tidak mampu menghabiskan nasi tsb. Maka setelah genap empat puluh hari beliau pun turun dan pulang kerumah. tatkala beliau pulang ini, ada cerita lucu. Tatkala itu, ibu mbah sanusi sedang menimba dgn menggunakan senggot, tiba-tiba saja senggot tsb terasa berat hingga ibu beliu tak mampu mengangkatnya, si ibu pun berteriak-teriak minta tolong. Mengetahui hal itu mbah sanusi pun menampakkan diri dan berkata, “aku seng ganduli mbok”, ternyata mbah sanusi yg tadi tidak menampakkan diri sambil memegangi senggot, bermaksud memamerkan kesaktian sekaligus bercanda dgn ibunya.

Sebagai seorang pemuka Agama di desa Jekulo dan sebagai rujukan Kyai setempat. Beliau juga mempunyai hubungan batin yg erat dgn Kiai Zubair Sarang Rembang. sebagaimana yg diceritakan oleh Bpk Ah. Saiq dari keterangan Kiai Muhammad. Bahwa Mbah Sanusi sering melakukan telekomunikasi batin dengan Kiai Zubair, namun mengenai yg dibicarakan mereka berdua tidak ada keterangan yg jelas. Tatkala KH. Hasyim As’ari hendak meminta ijin ke Habib Hasyim Pekalongan beliau juga bersinggah di Waliyulloh Mbah Sanusi, sebelum Akhirnya beliau mengantarkan Kiai Hasyim ke rumah Mbah Raden Asnawi Kudus. Dari cerita ini bisa ditarik kesimpulan bahwa beliau juga mempunyai hubungan yg erat dengan ulama-ulama di tanah jawa. Namun pada suatu ketika beliau ditanya oleh Kiai R. Asnawi, “mengapa NU tidak berkembang di Jekulo?” beliau tersenyum dan menjawab, “Jarke mawon. malah seng sae ngoten!”. Mungkin karena ucapan beliau inilah pada akhirnya Kiai-kiai di Jekulo jarang ikut Organisasi.

Keramat-Keramat Waliyulloh Mbah Sanusi

Seperti yg diriwayatkan oleh Almarhum Kiai Muhammad; Pernah suatu pagi Simbah Sanusi menyapu di depan langgar (Musholla), diam menunduk, hanya tangannya saja yg bergerak-gerak. tatkala KH Yasin yg merupakan murid beliau sowan, beliau berkata bahwa td Beliau itu sedang menolong seorang di Malang jawa timur.

Pada kesempatan lain, tatkala Kh Yasin sowan ke rumah Simbah Sanusi di pagi hari, KH Yasin disuguhi Nasi Samin yg masih hangat oleh Mbah Sanusi. Meliahat suguhan itu Kiai Yasin bertanya dgn dialek jawa, “Nasi Samin yg penuh Daging tsb berasal dari mana??” Mbah Sanusi menjawab dgn bahasa jawa, “Itu lho tadi Jam setengah enam pagi saya dapat undangan di Mekah” kemudian Kiai Yasin Menimpali, “waktu saya Haji, kebanyakan Nasi di mekah memang Nasi Samin”. Padahal pagi itu beliau masih di Jekulo.

Simbah Sanusi tergolong Auliya’ yg sering memperlihatkan Keramatnya. Sehingga keramat beliau terlalu banyak untuk dapat diceritakan. Seorang Kiai berkata bahwa keramat Mbah Sanusi tak ubahnya keramat Sheikh Abdul Qadir Al Jaelani, hanya saja yg membedakan, kalau Sheikh Abdul Qadir adalah Sulthonul Auliya’.

Diantara keramatnya lagi, Beliau pernah bepergian ke sebelah selatan baratnya kota Jogjakarta, iaitu di daerah Laut Selatan. Di laut tersebut terdapat Masjid Nabi Khidlir a.s yg terliahat oleh Simbah Sanusi. beliau memasuki Masjid tsb, kemudian Masjid tadi tenggelam ke dasar laut. Dan anehnya setelah keluar, tubuh beliau sama sekali tidak basah. Diriwayatkan, sebentar setelah kejadian tsb, beliau Simbah Sanusi mendapat Anugerah dari Allah berupa Kembang Jaya Sampurna, yg berupa kayu, dan barang siapa membawanya maka mempunyai kedudukan seperti para ratu. Maka tidak heran, ketika Bupati Kudus sakit, si bupati menyuruh abdi dalemnya untuk meminta Obat kepada Mbah Sanusi. Dan oleh Mbah Sanusi diberi satu keping uang godem. beliau menyuruh agar uang tsb diremdam dlm air, kemudian air tsb diminum. Setelah mengikuti anjuran beliau, alhamdulillah Allah menyembuhkan sakit si Bupati. Sebagaimana yg diceritakan Kiai Muhammadun Pondohan.

Kiranya cukup sedikit cerita tentang keramat beliau. Agar kiranya cerita tersebut dapat menambahkan keyakinan dalam hati kita. Sebagaimana firman Allah dalam surat Hud Ayat 120; wakullan Naqusshu ‘Alaika min Anbaai arrusuli ma nutsabbitu bihi fuadak, ila akhiril ayat. Imam Sya’roni berkata dlm kitabnya, “bahwasannya Iman terhadap keramat para wali adalah Wajib dan Haq. Setiap keramat para Auliya’ adalah bukti mukjizat para Nabinya. Maka keramat Auliya’ Muhammad Shalallah alaihi wa sallam adalah bagian dari Mukjizat yg menunjukkan kebenaran beliau dan sahnya Agama beliau saw”.

Adapun nasab Beliau adalah sebagai berikut ini:
:: Waliyulloh Mbah Sanusi
:: Bin Ky. Ya’qub di Makamkan di Gili Tenggeles :: Bin Raden Mas Hadi Kesumo (KH. Abdur Rohman makamnya di Ngembalrejo Kudus)
:: Bin Raden Mas Sumo Hadiwijoyo, makamnya di Mlati Kudus.
:: Bin Raden Mas Tumenggung Adipati Hadi Kesumo Nengrat.
:: Bin Raden Mas Tumenggung Adipati Surya Kesumo Mejobo Kudus.
Nasab beliau Simbah Sanusai sampai kepada Waliyulloh Abdur Rahman Ba’abud yg lebih dikenal dengan nama Amangkurat Mas II, Tegal Arum. Raden Amangkurat Mas merupakan salah satu keluarga Kerathon Surakarta yg mengasingkan diri dari pemerintahan.

Guru beliau diantaranya adalah Habib Nuh Bin Muhammad Al Habsyi Singgapura, Kiai Iskandar Banyumas dan para Ulama di Mekah. Kami belum dapat keterangan yg lebih detail tentang Guru-guru beliau.

Diantara murid-murid beliau adalah KH. Yasir, KH Yasin dan KH Dahlan, ketiganya adalah Ulama’ setempat di daerah Jekulo. Juga KH. Muhammadun Pondohan Tayu Pati. Beliau KH Muhammadun ber-baiat Thariqah Naqsabandiyyah pada Simbah Sanusi dengan baiat khusus, dan oleh Simbah Sanusi KH Muhammadun dipesan agar tidak mengijazahkan kepada sembarang orang.

Begitulah kira-kira sepenggal Biografi tentang Waliyulloh Mbah Sanusi. Haul beliau diadakan pada Malam hari setelah Isya’ oleh Masyarakat dan keturunan beliau, setiap Tanggal 18 Syawal.

Semoga Allah mengampuni dosa-dosa beliau, dan memasukkan beliau kedalam Surga bersama Syuhada’ Shalihin dan Anbiya’ di ‘Illiyyin, surga yg tinggi, dengan Anugerah dan RahmatNya. Dan semoga berkah beliau sampai juga kepada Kita semua. Amin

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Blogger templates

About