ASSALAMU`ALAIKUM DI BLOG KAMI "BOLO MANAKIB" GONDANG-NGANJUK SEMOGA DAPAT DIAMBIL HIKMAHNYA, BERMANFAAT DAN MEMBAWA BERKAH. AMIIN...

Sabtu, 24 Maret 2012

Gus Dur ......I Love You

Posted by Unknown On 08.40 | No comments

Fenomena Gus Dur


Oleh: A. Mustofa Bisri

Presiden Amerika Serikat ke 35, John F. Kennedy atau JFK (1917-1963 M) yang nasibnya banyak mirip dengan presiden pendahulunya, Abraham Lincoln, ketika meninggal terbunuh pada tanggal 22 November 1963, dunia ikut berduka. Maklum karena JFK merupakan presiden Negara adikuasa; dikenal sebagai presiden Amerika yang berani, mempunyai pandangan ke depan, dan menjanjikan perubahan dunia.

Namun, meskipun saat pemakamannya banyak sekali yang hadir, masih terhitung tidak seberapa bila dibandingkan saat pemakaman presiden Republik Mesir, Gamal Abdel Nasser (1918-1970).

Presiden bertubuh raksasa yang mengaku ‘murid’nya presiden kita Bung Karno itu benar-benar orang yang ‘tahu saat harus meninggal’. Setelah selesai pertemuan tingkat tinggi yang membahas berbagai perbedaan pendapat di antara beberapa kepala negara di Kairo; Gamal sebagai tuan rumah mengantar satu-persatu tamu-tamunya kembali ke negara masing-masing. Saya masih ingat yang terakhir diantar ke bandara ialah Amir Shabah dari Kuwait. Setelah itu radio dan tv Mesir berhenti menyiarkan berita. Semua hanya menyiarkan bacaan Al-Quran. Ternyata presiden yang dianggap paling berjasa mendamaikan raja Husein dari Yordan dengan raja Faisal dari Saudi Arabia dan Yasser Arafat dari Palestina itu dipanggil ke rahmatullah setelah pulang dari bandara mengantarkan Amir Sabah.Besoknya kepala-kepala negara yang dilepas Gamal kemarin itu, berdatangan kembali. Kali ini untuk memberi penghormatan terakhir kepada presiden yang mereka hormati itu.

Maka pada waktu itu dunia --termasuk saya yang langsung-- menyaksikan pemakaman paling akbar dalam sejarah modern. Guiness book memperkirakan pelayat presiden Gamal Abdel Nasser mencapai 4 juta dan menetapkan sebagai pemakaman dengan pelayat terbesar.

Presiden pertama kita Bung Karno, sebenarnya andai tidak dizhalimi oleh pemerintah orde baru yang menggantikannya, mungkin pemakamannya tidak kalah akbar dari pemakaman 'murid'nya dari Mesir itu. Kepopuleran Bung Karno di dunia tidak kalah dari Gamal. Hanya saja Gamal pada saat wafat sedang berada dalam puncak kepopuleran, Kalau di negerinya sendiri Bung Karno waktu itu kurang dihargai, pemakamannya hanya 'ala kadarnya'; di Mesir --yang saya tahu-- sangat dihormati oleh pemimpin-pemimpin Mesir dan dicintai rakyatnya. Mesir berkabung 7 hari atas kemangkatan Bung Karno dan beberapa mass media menulis tentang presiden pertama kita itu, seingat saya, sampai 15 hari.

Waba'du; presiden kita keempat, Gus Dur alias KH. DR.Abdurrahman Wahid Ad-Dakhil (1940-2009) sudah '40 hari' meninggalkan kita.. Presiden yang pengaturan pemakamannya jadi 'rebutan' antara keluarga dan protokol negara itu, dilepas menuju keharibaan Tuhannya oleh presiden, petinggi-petinggi negara, para kiai, dan ratusan ribu warga masyarakat. Pers dunia tidak hanya memberitakan kewafatannya, tapi juga menulis pribadi dan keistimewaannya. Majalah kenamaan The Economics bahkan menceritakan kembali joke-joke Gus Dur yang mentertawakan diri sendiri.

Seolah-olah orang tidak puas memberikan penghormatan terakhir kepada Gus Dur saat dimakamkan, berbagai kelompok masyarakat mengadakan acara-acara khusus untuk mengenang presiden yang dimakzulkan oleh para politisi – yang dulu mendukung pengangkatannya— itu. Ada Seribu Lilin Untuk Gus Dur. Ada berdoa bersama untuk Gus Dur yang diikuti oleh pimpinan berbagai agama dan kepercayaan. Ada beberapa komunitas etnis dan agama yang masing-masing menyelenggarakan acara khusus untuk menghormati almarhum. Belum lagi simpati-simpati yang diutarakan dalam situs, facebook, dan blog-blog di internet. Di makamnya sendiri di Tebuireng, setiap hari hingga kini rombongan-rombongan masyarakat dari berbagai pelosok tanah air, bahkan juga dari luar negeri, masih terus berdatangan.

Khusus dalam rangka 40 hari wafat presiden rakyat itu, acara-acara mengenang kiai unik itu digelar di mana-mana. Dalam rangka itu, saya sendiri mendapat undangan tidak kurang dari 9 panitia dari berbagai kota di tanah air. Tidak hanya berbentuk doa bersama atau tahlilan dan pengajian; tapi ada pula yang dikemas dalam acara seminar; orasi budaya; kesenian; tirakatan; dsb. Seniman serba bisa Slamet Gundono malah menyelenggarakan acara budaya sehari semalam di Solo dengan tidak ketinggalan menggelar lakon Kuncung Semar. Studio Mendut Magelang berencana mengadakan pameran patung Gus Dur. Masyarakat Pati lain lagi, rencananya akan mengadakan pawai keliling sebelum acara puncak di alon-alon Pati.

Melihat fenomena yang fenomenal itu, sampai ada kiai sepuh yang menyatakan bahwa mulai nabi Adam belum pernah ada manusia yang diperlakukan seperti Gus Dur itu. Menurut saya sendiri, fenomena ini tidak hanya patut masuk Muri-nya Jaya Suprana, tapi sangat layak masuk Guiness Book of Records.

Demikianlah; karena Gus Dur menghargai keberagaman, maka dia pun dihargai oleh berbagai ragam manusia, terutama yang menerima keberagaman, meskipun pasti ada –terutama dari kalangan mereka yang tidak menyukai keberagaman—yang tidak menghargai bahkan merendahkannya. Dan akan hal ini Gus Dur maklum belaka.

Hanya ini yang bisa saya tuliskan dalam rangka peringatan 40 hari wafat Gus Dur. Dalam buku-buku saya; saya sudah sering membicarakan Gus Dur; bahkan ada buku saya yang khusus mengenai cucu pendiri-pendiri NU ini. Kalau masih kurang, di toko-toko buku ada ratusan buku tentang manusia langka ini.

Yaa ayyatuhannafsul muthmainnah irji’ii ilaa Rabbika raadhiyatan mardhiyyah fadkhulii fii ‘ibaadii wadkhulii jannatii …

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Blogger templates

About