ASSALAMU`ALAIKUM DI BLOG KAMI "BOLO MANAKIB" GONDANG-NGANJUK SEMOGA DAPAT DIAMBIL HIKMAHNYA, BERMANFAAT DAN MEMBAWA BERKAH. AMIIN...

Minggu, 05 Februari 2017

GUS JADAB GUS WAFA

Posted by Unknown On 08.12 | No comments

Gus Wafa, Sosok Jadzab dari Blokagung Banyuwangi | Kang Mangli http://kangmangli.blogspot.com/2016/08/gus-wafa-sosok-jadzab-dari-blokagung.html -- dibagikan oleh UC Mini


Gus Wafa, Sosok Jadzab dari Blokagung BanyuwangiLabel:SeriusKH. Mukhtar Syafa’at Abdul Ghofur, pendiri Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi, itu mempunyai dua istri, yakni Nyai Siti Maryam sebagai istri pertama dan Nyai Musyarrofah sebagai istri kedua. Dari istri yang kedualah, beliau menurunkan putra pertama yang bernama KH. Ali Wafa Syafa’at atau yang akrab disebut Gus Wafa.Saya tahu tentang beliau ya dari para alumni Pondok Blokagung yang memang banyak ada di daerah saya. Tiga pakde saya, bapak saya, tiga pak lik, mbak saya, dan beberapa tetangga, semunya alumni blokagung. Emak saya juga malah asli Blokagung. Sehingga saya sedikit tahu tentang Gus Wafa dari cerita-cerita mereka semua. Termasuk yang saya tuliskan ini juga saya dapat dari mereka.Karena memang banyak alumni di sekitar rumah saya, pada tahun 2010 Gus Wafa hadirmbarokaihdi rumah saya. Beliau hadir dengan kenyentrikannya, yakni hadir dengan mengenakan kaos oblong dan celana jeans pendek. Senang rasanya saat itu bisa kerawuhanbeliau.Gus Wafa itu telah Wafat pada 24 juni 2015. Di kalangan santri, Gus Wafa itu dikenal sebagai sosokjadzab, nyleneh, nyentik, dan kharismatik. Istilahjadzabsendiri dalam dunia tasawwuf, banyak perbedaan terkait apa maksud darijadzab. Terlepas dari perbedaan itu,  Gus Wafa sejak kecil itu beliau memang mempunyai lelakuyang aneh dan luar biasa.Entah hal luar biasa tersebut itu tergolongkaromahatauma’unah, saya tidak tahu, karena saya tidak tahu apakah beliau itu salah seorang wali atau bukan. Namun saya yakin beliau itu orang sholeh. Sehingga minimal hal luar biasa tersebut digolongkan sebagaima’unah.Satu kisah, bahwa dulu ketika Ibu Nyai Musyarrofah akan berangkat kondangan. Beliau berangkat kondangan rencana dengan tanpa membawa Gus Wafa yang saat itu masih kecil, inGusan, dan nangisan. Ketika beliau akan berangkat kondangan, Gus Wafa kecil merengek sambil menangis meminta untuk ikut kondangan. Ibu Nyai tetap berangkat saja dengan tanpa membawa Gus Wafa kecil.Ibu Nyai berangkat kondangan dan sampai di tempat kondangan. Betapa terkejutnya Ibu Nyai ketika sampai di tempat kondangan.”Ini bu nyai, putra njenengan di sini malah sudah lima hari”shohibul hajatberkata kepada bu nyai sambil membawa Gus Wafa kecil. Bu nyai terkejut karena padahal tadi di rumah Gus Wafa merengek minta ikut kondangan. Lho kok malah sudah di sini lima hari.Satu kisah lain tentang sosokkhoriqul ‘adahini. Suatu ketika yang mungkin karena ada hal dari Gus Wafa yang menjadikan ayah beliau gerah dengan kelakuan Gus Wafa, akhirnya ayah beliaumenampar Gus Wafa. bukan Gus Wafa yang kesakitan karena ditampar, tapi yang kesakitan justru adalah tangan ayah Gus Wafa, KH. Mukhtar Syafa’at.Berdasarkan cerita yang saya dapat juga, katanya Kiai Mukhtar Syafa’at ayah Gus Wafa itu mengakui Gus Wafa itu. Entah apa yang dimaksud dengan mengakui ini.Wallahu a’lam.Mungkin yang dimaksud mengakui ialah tidak menyalahkan lelaku Gus Wafa yang terkadang nyleneh itu.Kisah lain bahwa pernah Gus Wafa itu bepergianke Sumatra dengan mengendarai mobil. Namun selama perjalanan, Gus Wafa tidak mengisi tangki mobil dengan bahan bakar minyak. Namun beliau mengisinya dengan air tawar saja.Bi qudratillah,mobil tetap bisa nyala dan berjalansampai Sumatra.Konon juga sempat Gus Wafa mengendarai kendaraan beroda melewati jalan yang terkena banjir. Di jalan yang banjir tersebut, kendaraan Gus Wafa tetap berjalan dengan posisi mengambang di atas air banjir.Wallahu a’lam.Tak kalahkhoriqul ‘adahnya, ialah kesaksian beberapa orang bahwa ada beberapa orang tersebut itu bertemu Gus Wafa di Makkah-Madinah saat musim haji. Jadi mereka menilai Gus Wafa ikut haji pada saat itu. Namun pada waktu yang bersamaan, beberapa orang yang lain menyatakan bahwa Gus Wafa tidak haji padasaat itu, karena mereka juga bertemu Gus Wafa di Indonesia saat waktu yang juga dinyatakan oleh beberapa orang bertemu Gus Wafa di Makkah-Madinah sana.Wallahu a’lam.Ila khadroti Gus Wafa, al-fatikhah.


0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Blogger templates

About